Alat-alat Kesehatan Canggih untuk Bikin Tubuh Fit

Manusia moderen makin sadar pentingnya tubuh bugar dan fit. Demi mendapatkan tubuh yang selalu fit, konsumen kini tak segan mengeluarkan dana untuk membeli alat-alat kesehatan canggih yang membantunya hidup lebih baik.

Dalam ajang pameran teknologi Consumer International Electronics Show (CES) yang diselenggarakan setiap bulan Januari di Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Amerika Serikat kembali menampilan produk dan pengumuman produk baru yang tidak terbuka untuk umum.

Konektivitas adalah tema dalam di Consumer Electronics Show 2012 yang digelar pada tanggal 10-13 Januari lalu. Berbagai perangkat kesehatan canggih juga ikut dipamerkan, dari perangkat yang terhubung satelit sampai aplikasi gratis untuk berbagi kebugaran dengan teman.

Seperti dilansir CNN, Rabu (18/1/2012), berbagai produk kesehatan canggih tersebut antara lain:

1. Zeo Sleep System, Alat Canggih Agar dapat Tidur Nyenyak

Sebuah pita kecil yang dikenakan di kepala selama tidur dapat memastikan pemakainya tidur nyenyak. Perangkat yang diberi nama Zeo Sleep System ini mengukur gelombang otak saat sedang bermimpi dan menyelaraskannya dengan perangkat pintar lewat Bluetooth.

Aplikasi gratisnya mengatur berapa jam waktu tidur yang berkualitas pada setiap malam yang bisa diperoleh. Untuk masyarakat yang sangat kecanduan kafein dan terobsesi teknologi, alat ini juga bisa mengatur waktu kualitas tidur berdasarkan informasi perilaku yang dimasukkan.

Zeo juga memberikan tips konkret untuk meningkatkan rutinitas tidur berdasarkan kebiasaan, dan bahkan dapat membangunkan pada waktu yang optimal dalam siklus tidur. Zeo Sleep System tersedia dengan harga US$ 99 atau setara Rp 900 ribu.


2. BodyMedia's Fit dan Basis Band, Pita Pemantau Kebugaran

Sistem pemantauan BodyMedia's Fit terdiri dari sebuah pita listrik kecil yang dikenakan pada lengan. Perangkat ini bekerja dan terhubung dengan software yang tersedia di smartphone atau bisa diperoleh secara online.

Pemakainya bisa memasukkan asupan kalorinya setiap hari, dan perangkat ini akan memantau berapa banyak kalori yang terbakar.

Pita ini menggunakan sensor keringat, accelerometer, dan memantau suhu kulit untuk mengetahui berapa banyak dan berapa lama latihan yang telah dilakukan.

Alat ini juga dapat membandingkan asupan makanan untuk memberikan gambaran kesehatan harian. Accelerometer dapat mengetahui apakah pemakainya sedang berbaring selama berjam-jam pada suatu waktu, dan menggambarkan kebugaran pemakainya.

Produk ini tersedia dengan harga US$ 149 (sekitar Rp 1,35 juta). Jika ingin yang lebih cabggih, koneksinya bisa dilakukan lewat Bluetooth dan tersedia dengan harga US$ 179 (sekitar Rp 1,62 juta).

3. Basis Band
Serupa dengan BodyMedia's Fit, perangkat ini dapat memantau denyut jantung secara real-time dengan menggunakan mesin optik yang dapat melihat menembus kulit untuk melihat aliran darah yang sebenarnya.

Perangkat yang berbentuk pita ini juga dipakai pada pergelangan tangan, dan lebih mirip arloji trendi dibandingkan alat pemantau kebugaran. Alat canggih ini dibanderol US$ 199 (sekitar Rp 1,8 juta).

4. Perangkat Medis yang Terhubung dengan Smartphone

Sebuah produk yang disebut Withings Wi-fi Body Scale terlihat seperti iPhone dan dapat menghubungkan pemakainya dengan iPhone, Android, atau sistem operasi lain. Perangkat ini dapat menghitung berat badan dan BMI hampir seketika. Agar terlihat sederhana, layarnya hanya menunjukkan berat badan.

Informasi lainnya bisa diakses lewat smartphone. Aplikasi gratisnya juga memungkinkan penggnanya mengundang teman-teman, anggota keluarga, atau dokter untuk melihat kemajuan yang telah dicapai. Withings Wi-fi Body Scale tersedia dengan harga US$ 159 (sekitar Rp 1,45 juta).

5. iHealth Labs

Perusahaan di California ini mengusung skala Wi-Fi dan manset tekanan darah. Salah satu produknya yang benar-benar menarik perhatian adalah glucometer Smart. Alat berteknologi tinggi ini dapat mendorong penderita diabetes memeriksa gula darahnya lebih sering.

Cara pakainya, masukkan aksesori ke bagian bawah perangkat Apple, masukkan strip pengujian, tusuklah ujung jari, dan tempatkan setetes darah pada strip. Dalam beberapa detik, perangkat ini mengukur gula darah. Glucometer ini sedang menunggu persetujuan FDA, dan harganya belum ditetapkan.

6. Aplikasi Social Network Agar Tetap Sehat

OptumizeMe adalah aplikasi kebugaran yang memungkinkan teman-teman dan keluarga menantang penggunanya agar dapat menjaga kesehatan. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya membuat tantangan kesehatannya sendiri atau memilih daftar tantangan yang populer.

Tantangannya antara lain: kompetisi untuk melihat siapa yang bisa berjalan paling banyak dalam sehari, yang pertama berjalan sejauh 100 mil, dan siapa yang bisa memakan buah dan sayuran setiap hari.

Aplikasi gratis ini memungkinkan pemakainya menambahkan hadiah anjing dan berbagi hasilnya di situs jejaring sosial dengan teman-teman.

7. Lose It!

Aplikasi pengaturan penurunan berat badan yang memungkinkan penggunanya melacak makanan dan berolahraga di mana saja. Aplikasi ini memiliki katalog ribuan makanan yang paling populer dan informasi nutrisi pada masing-masing makanan. Sama seperti OptimizeMe, Lose It! juga merupakan aplikasi gratis.


sumber: http://health.detik.com/read/2012/01/18/135621/1818762/763/alat-alat-kesehatan-canggih-untuk-bikin-tubuh-fit

0 komentar:

Posting Komentar